serve all & take nothing

Orang Sulit

Posted on: April 18, 2008

Terkadang saat saya bertemu dengan orang-orang “sulit” (seperti uraian Gede Prama tentang “Belajar Dari Orang Sulit ), orang-orang disekitar saya yang terkadang suka bersikap seenaknya sendiri, orang yang mau menang sendiri, selalu mengeluh dan protes terhadap segala hal yang menurut dirinya tidak baik (sulit bagi saya untuk menyebutkan itu baik atau buruk, karena setiap orang memiliki persepsi dan sudut pandang yang berbeda) atau suka main sindir dengan segala embel-embel dan teman-temannya yang mengikuti dari belakang, sering membuat saya berpikir dan mengelus dada (kadang-kadang memancing emosi saya👿 ).
Saat saya menghadapi situasi bertemu dengan orang “sulit” itu,pertanyaan pun berdatangan di kepala saya. Mengapa harus bersikap demikian, mengapa harus berkata seperti itu. Sungguh suatu sikap yang menurut saya sedikit keterlaluan. Tapi mungkin begitulah manusia, dengan watak dan karakter yang berbeda, pola pikir yang berbeda bisa menyebabkan suatu hal yang sifatnya sepele menjadi masalah besar dan meruncing menjadi permusuhan. Manusia dengan segala sifat ke-aku-annya, ego, rasa tak ingin disaingi, sering lupa untuk mengucap syukur hingga selalu mengeluh terhadap segala hal yang tak sesuai dengan keinginan dan pikirannya. Manusia dengan segala sifat “manusiawi”nya yang terkadang menjadi keterlaluan bila ia tidak bisa mengendalikan sifat “manusiawi”nya itu sendiri. Saya tidak ingin mendiskreditkan orang lain atau memasukkan seseorang dalam kategori “orang sulit” itu, karena saya sendiri tentunya masih sering terbelit dengan sifat “manusiawi” saya, dan akhirnya menjadi “orang sulit” bagi orang lain. Ketika saya berada pada posisi di rugikan atau disakiti oleh “orang sulit”, hati kecil saya tak akan mudah untuk menerimanya, namun bila saya selalu bersikap demikian apa bedanya saya dengan “orang sulit” lainnya? Mungkin inilah pembelajaran bagi saya pribadi untuk bisa mengendalikan sifat “manusiawi” saya sehingga saya tidak menjadi “orang sulit” bagi orang lain, dan bisa bersabar saat ada “orang sulit” yang menambah kesulitan hidup saya (belajar merubah energi positif menjadi energi negatif seperti kata Haryo Hardito,motivator ditempat saya bekerja).

* bingung dengan tulisan saya? saya ngerti,soalnya saya sendiri juga bingung nulis apaan:mrgreen:

20 Tanggapan to "Orang Sulit"

Hmm…
@_@

Memang. Saya jadi bingung. Sebenarnya, “orang sulit” itu ada ndak, sih?

Itulah Manusia… SULIT

lupa kenalan…

salam,
paramarta

isi kepala kita memang TIDAK selalu sama dengan isi kepala sahabat kita sekalipun sis …🙂 inilah dunia.

sulit sih endak….
selulit….iya…

*mantap banget topiknya bos…

berarti semua orang bisa menjadi “orang sulit” buat orang sulit yang lain yah? pusing: mode on.

ribet…binun..😀

Ini orangnya atau tulisannya sih yang sulit?

hehehe… Shanti De…

Kalau lagi ketemu yang sulit-sulit yang sabar ya Dik🙂

Mudah2an aku nggak termasuk orang yang sulit😉

#adit
ada dong mas, orang sulit itu selalu ada di sekitar kita, mungkin kadang2 kita ga menyadari bahwa diri kita sendiripun bisa jadi orang sulit bagi orang lain. tambah bingung??? yo wis ojo dipikir😀

#kelepon
yah..begitulah manusia🙂

#paramarta
salam kenal juga, jangan pusing ya …

#rindu
yup..emang beginilah dunia, ada banyak manusia dengan jiwa dan karakter yang berbeda

#ick
ah bli bisa aja, ga ah biasa ajah….🙂

#ghozan
tul bli (jangan pusing na’e😀 )

#verlita
binun ya non?? he..he..he..

#mbak yoga
kira2 mana yang sulit mbak he..he..
Shanti..shanti..juga mbak
lagi belajar untuk lebih sabar juga mbak😀

#MA
amien..amien…

mudah-mudahan aku tidak termasuk ya…

Tiada kesulitan, yang ada hanyalah kemalasan dan ketidak sabaran…

Tenang wae, di stiap yg sulit pasti ada ‘mudah’nya🙂
*gak nyambung.., asal komen aja deh*

apa ay termasuk ‘org sulit’ itu yah???!
*mudik, sambil tetep mikir..*

Kesulita dan kemudahan hanyalah sebuah istilah… Apa yang kita hadapi sehari2 adalah cobaan yang diderikan Allah kepada kita. Dan cobaan itu di berikan untuk menguji seberapa besar keimanan kita…
Semoga cexercah kata2 ini memberikan inspirasi kepada saudara ku..

Yang sulit gak ada… cuma dipaksa sulit iya….

sulit ato enggak tergantung tempatnya serta cara kita melihatnya. orang “sulit” cuma bikin bete karena kita gak suka perubahan sikap kita ketika kita di deket dia.

setuju🙂 sy peibadi ngak suka sama orang yg mengeluh…kalau dalam etos tim, orang kayak gitu itu seperti menggunting dalam lipatan.

yang gampang di bwt sulit…
yang sulit malah dibikin tabah sulit…
kok bisa…
hikz… : (

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: