serve all & take nothing

Refleksi diri

Posted on: Maret 20, 2008

Seminggu yang lalu, seseorang mengucap kalimat yang menghentak diriku. Meski aku tahu mungkin beliau tak bermaksud untuk menyindirku, namun hanya sekedar mengajarkan pelajaran budi pekerti pada buah hatinya, tapi cukup menohok diriku🙂 . Aku menyadari selama ini diriku masih suka terbang dengan egoku, dengan kesombonganku, dengan keangkuhanku. Dan hari itu menjadi pelajaran berharga bagiku, seperti menatap diri didalam cermin, menjadi refleksi diri untuk belajar melepas semua itu dan mencoba turun kejalan becek dibawahku. Aku bukan siapa-siapa, aku tak memiliki apapun yang melebihi siapapun, aku adalah aku. Orang yang masih harus banyak menempa diri dan jiwaku untuk selalu rendah hati dan menjadi orang yang lebih baik untuk orang lain dan untuk diriku sendiri. Aku malu karena ternyata ego dan kesombongan masih menjadi kusir didiriku. Setiap aku me-rewind kalimat itu pada rekaman di otakku, aku hanya mampu menutup mata dan menasehati jiwaku “malu lah engkau pada dirimu sendiri karena segala kesombongan dan keangkuhan yang mengikatmu”. Biarlah rekaman itu tetap ada di dalam pikiranku, sehingga ia tetap dapat menjadi bumerang yang positif bagiku dan selalu memberi sinyal peringatan saat aku mulai lupa dan melambung tinggi bersama sang ego.

Denpasar, 20 Maret’08. Keep spirit..

6 Tanggapan to "Refleksi diri"

tanpa kita harus menulis,walau hanya masih terlintas dalam pikiran saja tentang hal ini berarti kita sudah bisa untuk introspeksi diri kita.
sebelum orang lain mendahului kita…
berbanggalah kita selama kita masih bisa untuk melakukan ini…

saya juga mau ah refleksi diri ^^ ..

Memang semestinya kita terus menerus merefleksi diri sendiri sebelum orang lain mengingatkan. Setiap malam menjelang tidur atau seusai berdoa ketika fikiran cukup tenang, dan badan lebih relaks.

Kamu beruntung De, ada seseorang yang perhatian dan mau mengingatkan.

Terus semangat dan jadi lebih baik setiap hari dibanding hari kemarin, oke De!?

#mbak yoga
iya mbak, aku juga suka merenung sebelum tidur. Biasanya sebelum tidur semua yang pernah aku lakukan (terutama yang ga baik) pasti selalu singgah di kepalaku, seperti film dokumenter yang tayang ulang. Kadang2 aku suka malu ma diri sendiri😛 ternyata aku masih harus banyak memperbaiki diri.

lawanlah ego mu itu karna ego itu bisa menghancurkan segalanya.

#chandra61
iya nih, ego emang bisa menghancurkan segalanya

Tinggalkan Balasan

