serve all & take nothing

Putung

Posted on: Februari 16, 2008

Mungkin tak semua orang di Bali tahu dan mengenal daerah bernama Putung. Berjarak sekitar 70km dari Denpasar, dan dapat ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Daerah ini terletak tak jauh juga dari kaki Gunung Agung, tepatnya di Desa Selat Kabupaten Karangasem. Tempat ini merupakan salah satu daerah penghasil salak selain Desa Sibetan dan Selat.
Dulunya tempat ini merupakan salah satu obyek wisata, tempat ini letaknya di atas bukit sehingga kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang sangat indah. Ditempat ini ada sebuah hotel kecil atau bisa dibilang semacam villa dengan fasilitas mini restaurant dan lapangan tenis. Tapi sekarang karena sepinya pengunjung,hotel itu sudah bangkrut dan menjadi tempat yang tak terawat. Hanya masyarakat sekitar saja yang masih menggunakan bekas hotel itu sebagai tempat untuk berekreasi melihat pemandangan alamnya yang masih alami dan indah.
Dari halaman bekas hotel itu, kita bisa menyaksikan bentangan bukit dihadapan kita yang masih hijau dengan udaranya yang segar. Kita juga bisa melihat laut yang ada di Timur Karangasem, sedangkan dibawah hotel membentang rimbunan pohon-pohon salak yang jumlahnya sangat banyak.
Menurut keterangan salah seorang warga disana, dulu sekitar tahun 1980-an tanah tempat berdirinya hotel itu adalah miliknya dan dijual kepada pemilik hotel (kalo ga salah mantan Bupati Karangasem yang dulu) dengan harga Rp.10.000/are (hah..???). Namun sayang tempat itu kini benar-benar sudah tidak terurus lagi. Sehingga bangunannya lapuk karena dimakan waktu.
Bila kita berkunjung kesana, kita tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja, tapi juga bisa membeli salak langsung di kebun warga. Bila sedang musim salak, kita bisa membeli salak bali dengan harga antara Rp.1000-2000/kg (tapi kita juga harus pintar-pintar menawar). Sambil membeli salak kita bisa ikut untuk melihat warga memetik salaknya untuk kita di kebun salak milik mereka. Tapi saran saya sebelum masuk ke kebun salak, ada baiknya anda memakai lotion anti nyamuk karena nyamuknya banyak and galak banget😀

*maaf ya, ga bisa nampilin photonya*

20 Tanggapan to "Putung"

Trus, sekarang yang mengelola siapa?😕
Kalau masih mantan Bupati itu, kok saya kurang sreg ya?

blom nyasar ampe kesana dek,

Baru tahu Dek…
Ketahuan nih bakat terpendammu, coba apply ke travel tv🙂

putung? baru pertama ini saya denger. padahal saya orang bali.

salam kenal ya

Putung apa putung rokok hehehe…

#suandana
ga ada yang mengelola mas, bangunannya dibiarin aja terlantar ama yang punya lahan. kayaknya ga ada yang mau invest lagi tuh

#baliazura
makanya kamu maen ketempatku ha, ntar aku anterin ke Putung sekalian beli salak😀

#yoga
makanya ke Bali mbak, ntar jalan2 ke Putung he3

#pink
makanya kalo misalnya ke besakih, mampir dulu ke Putung tapi lumayan jauh sih dari Pertigaan Rendang sekitar 20 menit lah

#indra
yang pasti bukan putung rokok mas😀

Wah, dilihat dari deskripsinya pasti tempat yang menarik dan natural. Saya lumayan suka ama yang berbau alam.
Pingin mampir, tapi apa daya nggak punya uang buat kesana saat ini.😦

Dek, kemarin siang aku di Denpasar cuma gak bisa jalan-jalan😉
Kapan-kapan kalau ke sana lagi insyaAllah kita ketemuan ya…

#mas pandu
emang menarik mas, pemandangannya yang bagus
ayo liburan sekolah main kebali mas,minta di ongkosin mama he3

#mbak yoga
yaah..kok ga bilang kalo ke Denpasar mbak😀
di Dps cuma transit ato udah emang berkunjung?
ntar kalo kedenpasar lagi bilang ya he3, kita ketemuan sekalian biar mbak juga bisa ketemu ma baliazura

kalo gak salah yang ada bukit penyu itu yah?

Apalagi saya nih.. karang asem baru cuman 2 kali ja kesana…

karang asem itu sebelah mananya Nusa Penida?????

Betul, cuma transit (makanya gak berani bilang-2) rencananya 1 jam 10 menit, ternyata baru setengah jam lewat dikit udah disuruh naik lagi, walhasil tiba di Jakarta 20 menit lebih awal dari rencana🙂

Iya tuh kapan-kapan ya pas beneran liburan di sana😉

kapan-kapan nyasar kesana ahh…
dari dps kearah mana dek.??
bikin rute dongggg…

#budarsa
waduh kalo bukit penyu saya malah ga tau bli😀
jadi malu….😳

#mbak yoga
siiiip…pokoke bilang wae kalo mo liburan ke denpasar

#bli yanuar
dari denpasar keklungkung ke arah Besakih bli, sampe pertigaan Rendang belok kanan ke arah Selat, luruuus…aja terus…kalo dah deket-deket situ tanya aja he3
ato mampir kerumah bli, ntar aku anterin deh kesana😀

#uyax
waduh masak kekarangasem cuma dua kali bli?😀

#adied
sebelah utaranya Nusa Penida deh kalo ga salah, tapi kan berseberangan laut

Ah baru mo tanya, mana gambarnya?

#kang rumahkayu
maaf kang gambarnya ga ada🙂

hai..hai..salam kenal ya, rame bgt disni
numpang mmpir ya,
dtunggu mmpir baliknya k http://nung.wordpress.com, okeh

#nung
silakan, kalo mampir ga bayar kok😀
nanti saya mampir balik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: