serve all & take nothing

Nasi Jinggo

Posted on: Februari 15, 2008

nasi-jinggo1.jpgAda yang bilang nasi jinggo itu makanan khas di Bali. Bagaimana tidak,untuk orang-orang yang suka dengan makanan pedas dan pengennya ditengah malam,nasi jinggolah menu yang paling pas dan mudah ditemukan. Kenapa begitu? karena nasi jinggo ini identik dengan sambalnya yang pedas dan dijualnya malam hari. Kalau dulu adanya baru jam 11 malam ampe jam 1 pagi saja,tapi sekarang nasi jinggo bisa ditemui dari jam 6 sore ampe tengah malam. Sebenarnya porsi si nasi jinggo ini sih ga banyak. Nasi jinggo dibungkus dengan daun pisang, dan hanya berisi nasi, mie, ayam suir, tempe goreng, telur rebus 1/4 butir, dan sambal uleknya yang wajib ada (justru sambal inilah yang menambah citarasa dari nasi jinggo).Dengan Porsinya yang kecil dan sambal yang banyak serta pedas ini menjadikan nasi jinggo memiliki ciri khas tersendiri, jadi kalo ga pedas, bukan jinggo namanya. Nasi jinggo ini biasanya dijual dengan harga Rp.1500-2000/bungkusnya. Karena porsinya yang kecil, jadi ga cukup bila kita hanya makan 1 bungkus nasi jinggo saja, paling tidak minimal 2 bungkus.
nasi-jinggo2.jpgDulu sekitar tahun 1990-1998, nasi jinggo ini hanya bisa ditemukan di sekitar areal pasar Badung (Jl.Gajah Mada Denpasar) karena nasi ini memang di peruntukkan bagi sopir-sopir yang sedang mengantar pedagang ke pasar. Biasanya nasi jinggo ini dijual di emperan toko, di atas trotoar dipinggir jalan dengan memakai meja kecil dan keranjang tempat menaruh nasinya. Sekarang nasi jinggo banyak diperjualbelikan dimana-mana sepanjang jalan raya, mulai dari Jl.Sudirman, Jl.Diponegoro,Hingga di sepanjang Jl.Gatot Subroto.
Jadi bila anda sedang berkunjung ke Bali, cobalah untuk menikmati nasi jinggo sebagai hidangan malam anda.
Selamat mencoba…

14 Tanggapan to "Nasi Jinggo"

Mirip ama nasi kucing di Jogya dan sekitarnya kali ya?
duh jadi lapar euy..:D

pesen nasi jinggo dong…
kayaknya enak..🙂

Dinikmati dengan jempol kaki ya😀
Mbok pesan sebungkus…

#kabarihari
yup..emang mirip ma nasi kucing

#bli yanuar
emang enak bli, apalagi kalo gratis😀
ntar aku beliin dijalan gatsu bli, trus nasinya diantar kemana nih?🙂

#mbak yoga
ha..ha..ha..bukan mbak, tapi kebetulan gambar yang saya dapat cuma itu
kok cuma sebungkus pesannya non? nanti kurang lho? saya antar ke alamat yang dimana ya non😀

waaaa penginnnnn🙂
kirimin dong dek nasi jinggonya lewat email🙂

wah nasinya terkontaminasi oelh kakinya baliage dan balivetman dek,
tapi beper men klo gratizz tetep
uuuuuuuueeeeeeeeennnnnanaaaaaaakkkkk

Wuah mantap kali nasinya.Nantilah kalo berkunjungke bali saya kan mencobanya🙂

Salam kenal🙂

May the Grace of God always be with you.amin

Dagang nasi jinggo favorit saya adalah yang di emper toko sebelah utara Cineplex Wisata. Dari sejak SMA sudah sering kesana.

Ya ah, musti juga dicoba kapan- kapan..

#bli made
kenken carane ngirim nasi jinggo via email bli?:mrgreen:

#baliazura
emang ueeenaaak…ha..apalagi gratis, halah…

#dimas
salam kenal juga dimas
paling enak kalo makan nasi jinggo sambil ngeliat bintang he3

#blogdokter
emang yang didepan wisata nasi jinggonya enak bli? boleh tuh dicoba he3

#kang rumahkayu
euy..si akang..
apa kabar kang?
kalo pengen nyoba nasi jinggo,mesti datang
jalan-jalan kebali untuk bertandang😀

Whaa, jadi pengen ke Bali😥
Sayang, beberapa kali ke Bali dulu nyari makannya: nasi goreng, bakso dan sejenisnya.
Dulu pengin makan babi guling di Mengwi aja gak jadi😦

#mas sigid
ha..ha..ha..sekali-sekali nyoba nasi jinggo mas
waduh nyari babi gulingnya jauh amat ampe ke Mengwi😀

wah…kekx seru nih🙂
tx infonx y

#bidari
sama2 semoga berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: