serve all & take nothing

Jalan Bypass Ida Bagus Mantra Rusak

Posted on: Desember 31, 2007

Sore ini aku sedang dalam perjalanan dari rumah menuju Denpasar. Seperti biasa melewati Jalan Bypass Ida Bagus Mantra. Jalan ini adalah salah satu jalan alternatif penghubung antara kota Denpasar dengan kota-kota lainnya di sebelah timur Denpasar seperti, Gianyar, Klungkung, Bangli dan Karangasem. Jalan ini sudah diselesaikan sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu. Dengan adanya jalan ini memang perjalanan menuju Klungkung atau Karangasem dapat ditempuh lebih cepat.
Hari hampir petang saat aku mulai memasuki Bypass di daerah Takmung Klungkung, dan agak terkejut melihat badan jalan sebelah kiri (yang dari arah timur) banyak terdapat lubang. Kalau pengemudi mobil atau pengendara sepeda motor tidak berhati-hati, bisa-bisa ban kendaraan slip karena lubang itu. Semula aku pikir lubang di sebelah kiri jalan itu tidak banyak, ternyata sepanjang jalan mulai dari Takmung hingga memasuki Bypass Ngurah Rai (hampir memasuki kota Denpasar) terdapat banyak lubang menganga. Ada yang kecil hingga besar kira-kira berdiameter 60cm dan kedalaman 10-15cm. Akupun beberapa kali sempat ngerem mendadak karena kaget tiba-tiba di depan atau disampingku ada lubang menganga (karena hari udah mulai gelap dan kacamataku ga mampu melihat jelas dari balik kaca helm🙂 )
Kalau siang hari mungkin pengendara bisa lebih jelas melihat di depan mereka ada banyak “ranjau jalanan”, tapi kalau malam hari seperti ini tentunya berbahaya bagi keselamatan pengguna jalan. Bukannya tidak mungkin lubang-lubang yang menganga lebar itu menyebabkan terjadinya kecelakaan dan memakan korban jiwa. Pantas saja kemarin petang saat aku dalam perjalanan pulang beberapa kali sempat hampir diserempet mobil dan motor, rupanya mereka menghindari lubang-lubang yang menganga hingga ke tengah jalan.
Yang membuat aku heran, kenapa jalan itu bisa cepat rusak? (kurun waktu 5-6th itu cepat atau tidak sih?) Apakah karena setiap hari dilalui kendaraan besar atau memang saat pembuatan jalan, dananya lebih banyak di korupsi pemerintah hingga kualitas jalan menjadi tidak bagus?
Entahlah, ini hanya pandangan pribadiku sebagai orang awam sekaligus pengguna jalan yang menginginkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Apakah PEMDA setempat tidak mengetahui bahwa banyak terdapat kerusakan di jalan tersebut, hingga tidak dilakukan upaya perbaikan secepatnya? Sungguh memprihatinkan..

Dps,30 Desember’07

3 Tanggapan to "Jalan Bypass Ida Bagus Mantra Rusak"

wah masak sih dah rusak adek? rumah saya di sana😦

Kalau gitu hati-hati ya Dek..

Saya ingat dua orang teman pernah kecelakaan kalau gak salah dua-duanya di situ beberapa tahun yll, tapi dua-duanya bukan karena jalan yang rusak.

#bli made
iya bli, udah mulai rusak tuh😦
perjalanan pulang jadi ga nyaman (ga bisa ngebut lagi he..he..he..)

#mbak yoga
beres..d selalu hati-hati kok mbak😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: