serve all & take nothing

Buah Merah “Emas dari Papua”

Posted on: April 12, 2008

Ada yang tau tentang buah merah? Buah asal papua yang memiliki bentuk seperti nangka cempedak ini dipercaya memiliki banyak khasiat sebagai penyembuh penyakit. Hal ini diketahui setelah salah seorang dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Cendrawasih I Made Budi melakukan penelitian terhadap buah tersebut sejak tahun 1998.
Buah yang bernama latin Pandanus Conoideus Lam ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kanker, kebutaan, serangan jantung, tumor, endometriosis, sakit mata, bercak di paru-paru pada anak-anak, asam urat dan jantung. Bahkan, saat ini pun sedang ada penelitian untuk menguji kemanjuran buah merah dalam menghambat virus HIV.
Berdasarkan penelitian Made, buah merah menghasilkan antioksidan yang bersifat antikanker dan tokoferol atau vitamin E.
Buah yang sekarang menjadi terkenal ini mudah ditemui di seluruh dataran Papua. Dia tumbuh dari dataran rendah dekat pantai sampai dataran tinggi. Bahkan di lereng pegunungan Jayawijaya di ketinggian 2500 m di atas permukaan laut tanaman ini bisa ditemukan. Tanaman ini tumbuh bercabang, memiliki daun berbentuk pita yang pinggirnya berduri-duri kecil dan tinggi bisa mencapai 15 meter.
Buah merah umumnya berbentuk panjang lonjong atau agak persegi. Panjangnya antara 30-120 cm dan berdiameter 10-25 cm. Buahnya berwarna merah, namun ada juga yang berwarna merah kecokelatan atau kuning. Kulit luarnya menyerupai buah nangka.
Janganlah heran bila kini buah yang menjadi selebriti ini memiliki harga melebihi harga emas, sehingga ia dijuluki “Emas dari Papua”. Untuk buah yang berukuran sekitar 50 cm dijual seharga Rp.500.000 sedangkan yang berukuran sekitar 120 cm bisa dijual dengan harga Rp.1.500.000

12 Tanggapan to "Buah Merah “Emas dari Papua”"

udah pernah mencoba belum>>?? kali aja kan rasanya g enak.hehehe canda

#hafidzi
belum pernah sih, tapi temen saya pernah ada yang nyoba n katanya rasanya manis, ga tau deh bener apa ga :D

pengen nyoba. tapi mahal banget… :(

#cK
iya, selain mahal adanya cuma di Papua. Kemaren aja temen saya dikirimin langsung dari Papua buah+minyaknya

*kontak temen yang ada di papua*

*jualan di jakarta*

wekeke… Mba Ck mo beli ??

wah gak pernah lihat buah kayak gitu…ternyata indonesia kaya ya….

hebat nih pak budi, salut orang bali pinter2 ternyata… bagus juga buat penghasilan orang pribumi…

#Joey
udah bisa kontak temen yang di Papua :mrgreen:
kalo dapat buahnya bagi2 yach..

#hidayat127
iya kang, indonesia sebenarnya emang kaya

#ghozan
tul bli, paling ga penghasilan orang papua jadi sedikit lebih meningkat dengan adanya buah ini

ah di jakarta juga banyak kok..
sodaraku jualan deh kayaknya 250rb per botol.
coba di mess irian di mas mansyur
dan yang banyak malah bukan buatannya pak made budi.. tapi susah bedainnya kalo enggak biasa.. karena sama-sama bilang diuji oleh pak made budi

Rasanya gimana kalo makan?
Apa enggak lansung dimakan?

I am looking seeds of Pandanus conoideus, yellow and red forms. Anyone could help me? I am willing to trade or to buy seeds. Carlos / Brazil

di jakarta adanya dimana yak??? kalau ada teman2 yang tau,, untuk orang tua saya yang lagi sakit.. tolong di info ya..
thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: