serve all & take nothing

Manfaat Jeruk Nipis

Posted on: Maret 28, 2008

Tau ga sih, kalau ternyata jeruk nipis itu memiliki banyak manfaat. Selain menjadi sirup, air perasan jeruk nipis yang berasa asam menjadi campuran masakan atau minuman lain, seperti jamu. Pasalnya jeruk nipis tak hanya bisa menjadi minuman yang menyegarkan, namun juga mengandung khasiat obat.Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle) merupakan tumbuhan perdu dengan banyak cabang. Tanaman ini banyak ditanam di pekarangan dan kebun.
Tingginya bisa mencapai enam meter. Daunnya berbentuk bulat telur dan tiap daun bertangkai daun. Bunganya berbentuk bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras, dan biasanya berbuah setelah 2,5 tahun. Buahnya berbentuk bulat dengan permukaan yang licin, berkulit tipis, dan berwarna hijau kekuningan kalau sudah tua. Tanaman ini diduga berasal dari daerah India sebelah utara.
Buahnya mengandung banyak air dan vitamin C yang cukup tinggi. Daun, buah, dan bunganya mengandung minyak terbang. Biasanya jeruk nipis tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah yang banyak terkena sinar matahari.
Jeruk nipis mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nnildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C.
Bukti keunggulan jeruk nipis juga bisa dilihat pada ramuan obat maupun kecantikan tradisional di Indonesia. Hampir semuanya mencantumkan nama jeruk nipis sebagai bahan baku, baik untuk dimanfaatkan air buahnya maupun daunnya.
Orang Belanda, terutama yang berdiam di kota-kota besar seperti Amsterdam, Den Haag, atau Rotterdam pun banyak yang mengenal manfaat jeruk nipis. Bahkan di AS, kegunaan jeruk nipis juga mulai diakui. Di Ohio State Biotechnology Centre, Columbus, misalnya, salah satu laboratoriumnya rajin meneliti jeruk nipis.
Menurut penelitian rasa jeruk nipis yang asam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Dari kandungan berbagai minyak dan zat di dalamnya, jeruk nipis dimanfaatkan untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.
Dari beberapa penelitian terakhir menunjukkan, jeruk nipis juga mempunyai manfaat mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Menurut laporan tersebut, mengonsumsi jeruk nipis bisa mencegah timbulnya batu ginjal. Hal ini diakui oleh Kepala Instalasi Renal RS Dr Sardjito, Yogyakarta, Prof DR Mochammad Sja’bani.
Pada penelitian tersebut diketahui bahwa jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi, sementara banyak penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah. Ia mengatakan kandungan sitrat jeruk nipis lokal (Citrus aurantifolia Swingle yang bulat) 10 kali lebih besar dibanding kandungan sitrat pada jeruk keprok, atau enam kali jeruk manis. Kandungan sitratnya mencapai 55,6 gram per kilogram.
Pada umumnya asam sitrat dalam air kemih pada penderita batu ginjal paling rendah pada malam dan dini hari. Maka pemberian jeruk nipis lebih bagus dikonsumsi sesaat sesudah makan malam. Perasan jeruk nipis yang dikonsumsi sesudah makan malam tersebut dilaporkan tak menimbulkan keluhan lambung. Air perasan dua buah jeruk nipis itu diencerkan dalam dua gelas air.
Meminum campuran jeruk ini bisa menurunkan dan mencegah kekambuhan batu ginjal kalsium idiopatik. Pencegahan penyakit ini perlu sebab jenis ini ditemukan pada sekitar 80 persen penderita batu ginjal. Namun, upaya pencegahan dan pengobatan penyakit ini dilakukan dengan cara membatasi konsumsi garam atau makanan asin, memberi masukan kalsium yang cukup, dan mengonsumsi protein rendah fosfat.

18 Tanggapan to "Manfaat Jeruk Nipis"

sayangnya, sebagai anak kos, saya kesulitan untuk mendapatkan jeruk nipis ini :?

kirim dong, dari Bali :mrgreen:

wah untuk mencegah bibir pecah2 atau sariawan berarti bisa yah?

Hi hi, jangan lupa mbak, jeruk nipis juga bagus buat cuci piring :mrgreen:

Aduh lidahku langsung asam nih… :D

juga bisa menghilangkan kantuk,
yakin lah sumpah dek
jadi siapin aja jeruk nipis dikantor :mrgreen:

sipppp link ku cuman diperkenankan untuk orang2 sableng wkwkwkkkkk

#mas adit
besok aja tgl 4 aku bawain jeruk nipisnya mas, sekalian aku juga kebandung :mrgreen:
minta berapa kilo???

#bli sanjaya
yup..bisa dong, kayaknya lebih enak kalo minumnya pake teh ehm…seger….

#sigid
eh iya, lupa mas… :mrgreen:

#mbak yoga
jangan dibayangin mbak biar ga berasa asamnya :P

#baliazura
kalo ga dicampur apa2 emang bisa ngilangin ngantuk ha, kuecuutt minta ampyuuun…
besok aku bawain emang kamu mau nyoba?
awas kalo ga dimakan ya :evil:

#parto gendeng
wakakaka..ono sing nesu, ojo nesu mas. setuju aku, nek ngerasa ga sableng ojo nyambangi omahmu

waduh,, pelajaran Struktur dan Perkembangan Tumbuhan,, sekalian Fisiologi Tumbuhan,, plus Fisiologi Hewan jadi satu nih..!! sayangnya hanya dua dari tiga matkul itu yang dapet B.. wkeke..

yang lebih disayangkan lagi,, aku ndak bisa menikmati khasiat buah ini,, coz aku menderita maag kronis..! huhu…

wow..ternyata jeruk yang rasanya asem banget itu punya banyak guna yah…..

sukur…belum di tebang pohonnya ama bapak

btw salam kenal yah…
keep blogging
suksma..

paling suka dibikin sirup…

wahh.. punya kebun jeruk nipis ya.??
boleh dong hasilnya di sumbangin ke rumah sebelah.. :D

#anginbiru
wah ternyata kita punya penyakit yang sama :(
kasian deh kita

#ick
salam kenal juga ..

#bli yanuar
iya, apalagi dicampur teh ehm…seger
he..he..he..aku ga punya kebun jeruk nipis bli, kalo mau aku beliin aja ya :)

kapan ke bandung? :twisted:
kopdar dong mbak.. ‘><

Jeruk nipis kandungan vit C nya banyak juga yah, melebihi jeruk sunkist

salam saya dari batagorist bandung, ditunggu kopdarnya

#eMina
maaf teh, sekarang saya udah di Bali. kemaren kita nginap di Cileunyi, di atasnya griya penyawangan, mo ke warnet jauh n aku ga tau jalan. jadi ga tau kalo ternyata si kang herry ngasi no hp buat aku hubungi, maaf banget nih..padahal kemaren pengen banget ketemu :cry:

[…] ya… bisa lho kita menjaga stamina tubuh kita dengan ijeruk nipis.. lebih lengkap di sini niy dan juga disini niy ada..ataw lebih lengkap di sini malah […]

juga bisa sbg repelan nyamuk lo…tinggal dicampur sama lotion,,langsung de nyamuk pada ngibrit…hohoho…

subhanallah. Tidaklah Allah menciptakan segala sesuatu dg sia2. dari pd keseringan pake’ obat kimia mendingan kembali ke herba. back to nature Ok. untuk hidup yg lebih baik….

dijual madu herbal jeruk nipis. dengan rasa yang menyegarkan, raih khasiat jeruk nipis yang telah kami kombinasikan dengan madu untuk lebih cepat terasa khasiatnya. tanpa bahan pengawet. tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. 100% alami. hub. abuharuni@plasa.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: